Sekolah di Papua Diminta Sediakan Sabun Antiseptik

By DPPAD Provinsi Papua 07 Mar 2020, 16:48:19 WIB Umum
Sekolah di Papua Diminta Sediakan Sabun Antiseptik

Jayapura: Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua meminta setiap sekolah menyediakan masker dan wastafel dilengkapi sabun antiseptik. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan virus covid-19 (korona) di lingkungan sekolah.
 
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait, mengatakan sekolah wajib menjaga siswanya dari penyebaran wabah korona. Dia menilai cadangan masker bisa diberikan untuk siswa yang sedang batuk dan flu.
 
"Ini semata-mata untuk mencegah. Walaupun (kasus infeksi) korona belum ada di Papua, tetapi saya pikir virus ini menyebar cepat. Setiap hari pesawat dan kapal masuk (ke Kota Jayapura). Kota ini harus kita siapkan lebih awal," kata Sohilait di Jayapura, di Jayapura, Kamis 5 Maret 2020.

Pihaknya tengah menyiapkan rancangan imbauan untuk mengantisipasi dini penyebaran virus korona di lingkungan sekolah. Salah satu imbauan yakni menghindari kontak fisik, yakni bersalaman.
 
" Juga selalu menjaga kebersihan selama di sekolah,” ujarnya.
 
Sohilait menjelaskan antisipasi wabah korona sangat penting, sebab penanganan akan lebih sulit jika virus sudah menginfeksi. Dia mengaku bila korona menginfeksi warga di Papua, sekolah bisa saja diliburkan.
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru sudah melakukan inspeksi mendadak (didak) ke sejumlah apotek dan distributor obat-obatan di Kota Jayapura. Sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan masker di Jayapura.
 
"Tadi ada beberapa distributor yang saya datangi, ada PT Rajawali, PT Anugerah, termasuk apotek juga. Memang stok masker sudah habis,” kata Rustan.
 
Supervisor Penjualan PT Kimia Farma Trading & Distributor Cabang Jayapura, Sisca Mantol mengakui stok maskernya telah habis sejak awal Februari 2020.
 
"Stok kami kosong. (Kami sempat memiliki stok) 20 boks, tapi kami sudah kirim kembali ke pusat, karena di pusat stok kosong. Kami yang di cabang diperintahkan untuk kirim stok yang ada," kata Mantol.
 
Harga masker pelindung yang ditetapkan distributor per lembar Rp.400, sementara per box isi 50 lembar dipatok Rp20.000. Namun saat ini harga masker di sejumlah apotek di Kota Jayapura seharga Rp5.000 per lembar, sedangkan harga per box mencapai Rp200 ribu.

Sumber Berita




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment